Tugas 3 Strategi Pemasaran

TUGAS 3 STRATEGI PEMASARAN

25-Fikri Firmansyah-XII MM1

KONSEP STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran adalah suatu pola yang fundamental, dimana terdapat suatu perencanaan dalam menjalankan pemasaran, pengarahan sumber daya, serta terdapat juga interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain-lain. Maka dari itu, dalam strategi pemasaran sebaiknya melakukan pertimbangan dalam tujuan dari pemasaran, pasar yang diinginkan dan bagaimana mengelola sumberdaya yang tersedia dengan efektif dan efisien.

Terdapat strategi pemasaran didasarkan atas 5 konsep strategi (5P) yaitu sebagai berikut :

1. Product (Barang)


5P yang pertama adalah produk. Kalian harus menentukan produk apa yang akan kalian jual. Dalam menentukan produk, kalian harus spesifik dan detail agar tidak bingung nantinya.Selain itu, kalian juga harus menemukan hal apa yang bisa membuat produk kalian lebih unggul dibanding produk pesaing. Dengan begitu, kalian bisa menarik perhatian para calon pembeli dengan keunggulan-keunggulan produk yang dijual

2. Probe (Penyelidikan)

Seperti telah dikemukakan bahwa langkah pertama dalam kegiatan pemasaran adalah meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Berapa jumlahnya, bagaimana daya belinya, di mana tempat konsumennya, dan berapa permintaannya. Semua ini merupakan informasi penting bagi pemasaran produk baru


3. Price (Harga)

Price berkaitan dengan strategi penentuan harga produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan Anda. Penentuan  price harus tepat karena harga akan sangat mempengaruhi para klien Anda. Untuk menarik hati pelanggan dan dapat memenangkan kompetisi, maka Anda juga bisa mempertimbangkan pemberian diskon. 

Adanya penawaran diskon harga memang sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda meluncurkan produk baru. Sebaiknya, harga dipasang secara realistis, jangan terlalu murah dan jangan pula terlalu mahal. Tentukanlah harga produk yang realistis dan berkompetisi di pasar


4. Place (Tempat)

Place berkaitan dengan dimana jasa atau produk perusahaan Anda akan dibuat, dilihat, dijual, serta didistribusikan. Akses konsumen menuju produk Anda merupakan kunci utama yang sangat penting untuk memastikan bahwa para konsumen bisa menemukan produk Anda dengan mudah. Jika perusahaan Anda sedang memulai bisnis baru, maka menemukan lokasi bisnis yang tepat merupakan kunci utama sebagai taktik marketing untuk kemajuan bisnis Anda.


5. Promotion (Promosi)

Kegiatan promosi tentunya bertujuan untuk menarik hati para klien agar mau menggunakan produk atau layanan perusahaan. Promotion bisa dilakukan dengan iklan, promosi, taktik penjualan, atau bisa dengan penjualan langsung. Kegiatan promosi bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan penjualan produk di pasaran. Jika promosi yang dilakukan berhasil menarik perhatian masyarakat, tentunya penjualan produk juga akan semakin meningkat.


sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi & Pengertian HTML

Pengenalan Dasar CSS untuk Pemula (dan Tips Belajar CSS)

Konsep Media Interaktif